Berikrar menghormati guru dan menaati ajaran, bisa mengikis karma minimal 20%, harus melihat apakah menjalaninya baik atau tidak 许愿尊师重道,至少消20%的业障,要看做得好不好

Wenda20191215   28:42 

Pendengar pria: Tentang menghormati guru dan menaati ajaran, ada Bodhisattva melalui menghormati guru dan menaati ajaran menjadi seorang Buddha. Master, mohon Anda bisa memberi penjelasan tentang persoalan ini.

Master menjawab: Pertama-tama, apa yang diajarkan oleh guru? Semuanya adalah mengajari kalian berbuat kebajikan, mengumpulkan amal kebajikan, melakukan perbuatan baik, jangan melakukan segala kejahatan, amalkan segala kebajikan. Guru ini telah mengajari kalian hal-hal yang begitu banyak, setelah mengajari, bukankah Anda sudah berubah dan mengalami kemajuan? (Benar) Jadi apakah kamu perlu menghormati orang yang memberi penjelasan kepada kamu? (Benar) Jadi ini sudah “menghormati guru”, apakah benar? (Iya) Apabila Anda semakin menghormati dia, bukankah dia akan mengajari Anda lebih banyak? (Benar, benar, iya) Seperti kita pada waktu masih kecil semasa masih bersekolah, Anda semakin baik kepada guru, dan guru ini akan mengajari Anda semakin banyak, Bukankah begitu? (Benar) Setelah menghormati guru, karena guru sendiri adalah lagi membabarkan Dharma, jadi Anda menghormati guru, sama artinya Anda sangat menghormati dengar ajaran Dharma ini (Mengerti. guru, apabila seseorang persentase karma buruknya adalah 25%, dan dia berikrar menghormati guru dan menaati ajaran, akan mengurangi karma buruknya berapa persen?) jika berikrar menghormati guru dan menaati ajaran akan mengurangi sebanyak 20% (Mengerti) Tidak menutup kemungkinan malah akan lebih banyak karma buruk yang akan dikikis, mungkin bisa 25% atau 30%, melihat apakah Anda menjalaninya dengan baik atau tidak (Betul, betul, Terima kasih kepada Guru yang berwelas asih memberi pencerahan.)

Wenda20191215   28:42 – Berikrar menghormati guru dan menaati ajaran, bisa mengikis karma minimal 20%,
harus melihat apakah menjalaninya baik atau tidak
许愿尊师重道,至少消20%的业障,要看做得好不好